Home > Tupoksi

Tupoksi

TUPOKSI KECAMATAN JEPARA

(Berdasarkan PP No. 13 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Jepara)

 CAMAT

Camat mempunyai tugas memimpin penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan dalam wilayah kecamatan sesuai dengan kewenangan yang dilimpahkan oleh Bupati.

Dalam penyelenggaraan tugasnya, camat mempunyai fungsi :

  1. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  2. Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  3. Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan;
  4. Pengkoordinasian pemeliharaan dan fasilitas umum;
  5. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  6. Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa / kelurahan;
  7. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa / kelurahan;
  8. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh bupati yang sesuai tugas dan fungsinya.

 

SEKRETARIS KECAMATAN

Sekretaris kecamatan mempunyai tugas membantu camat dalam melaksanakan pembinaan administrasi yang meliputi pengelolaaan ketatausahaan, kerumahtanggaan, kepegawaian, keuangan perlengkapan dan menyusun program kerja dan laporan serta memberikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh satuan organisasi pemerintah kecamatan.

Dalam penyelenggaraan tugasnya, sekretaris kecamatan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program kerja dan laporan kecamatan;
  2. Pengelolaan administrasi keuangan;
  3. Pembinaan administrasi dalam arti melakukan urusan ketatausahaan, kepegawaian, perlengkapan, kerumahtanggaan dan perjalanan dinas;
  4. Pelayanan administratif;
  5. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai tugas dan fungsinya.

 

KASUBAG PERENCANAAN DAN KEUANGAN

Kasubag perencanaan dan keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana dan evaluasi pelaksaan program kerja serta laporan instansi, administrasi penatausahaan keuangan, pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban administrasi keuangan

Dalam penyelenggaraan tugasnya, kasubag Renkeu mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan kegiatan dan pengendalian program kerja;
  2. Penyusunan dan mengkoordionasikan penyusunana rencana strategis, penetapan kinerja, dan RKA;
  3. Pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang perencanaan dan keuangan;
  4. Perencanaan keuangan kecamatan;
  5. Penyusunan anggaran belanja kecamatan;
  6. Pelaksanaan kegiatan perbendaharaan meliputi pembukaan, verifikasi, rekapitulasi dan dokumentasi pelaksanaan belanja kecamatan;
  7. Penyusunan laporan perhitungan dan pertanggungjawaban keuangan;
  8. Pelaksanaan koordinasi secara internal dilingkungan unit kerja;
  9. Pelaksanaan dan pengkoordinasian pengelolaan administrasi keuangan dan akutansi kecamatan;
  10. Pembuatan laporan sesuai dengan bidang tugasnya;
  11. Pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang keuangan;
  12. Pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnnya;
  13. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas – tugas sesuai lingkup tugasnya;
  14. Penyiapan bahan penyusunan laporan kinerja dan keuangan sesuai lingkup tugasnya;
  15. Pelaksanaan pembinaan, penilaian, dan evaluasi kinerja bawahannya.
  16. Pelaksaaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

KASUBAG UMUM DAN KEPEGAWAIAN

Kasubag Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan urusan surat menyurat, kearsipan, kerumahtanggaan, perjalanan dinas, perlengkapan, dan kepegawaian.

Dalam penyelenggaraan tugasnya, Kasubag Umum dan kepegawaian mempunyai fungsi :

  1. penyusunan rencana kegiatan kecamatan;
  2. Penyusunan naskah laporan kinerja kecamatan;
  3. Pembuatan laporan kegiatan kecamatan;
  4. Penyusunan rencana anggaran kebutuhan barang;
  5. Penyusunan data dan administrasi inventaris kantor;
  6. Pelaksanaan ketatalaksanaan umum meliputi administrasi umum , surat menyurat, kearsipan dan administrasi kepegawaian;
  7. Pelaksanaan kegiatan rumah tangga dan perjalanan dinas;
  8. Pelaksanaan pengadaan saran adan prasarana perkantoran;
  9. Pelaksanaan pengelolaan barang inventarisasi kantor;
  10. Pengurusan mutasi, diklat, kesejahteraan pegawai, hak dan kewajiban pegawai;
  11. Pelaksanaan tugas pembinaan administrasi umum dan kepegawaian ;
  12. Pelaksanaan koordinasi secara internal di lingkungan unit kerja;
  13. Pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang umum dan kepegawaian;
  14. Pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnnya;
  15. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas – tugas sesuai lingkup tugasnya;
  16. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi dan pembuatan laporan kinerja sesuai limgkup tugasnya;
  17. Pelaksanaan pembinaan, penelitian dan evaluasi kinerja bawahannya;
  18. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

KASI TATA PEMERINTAHAN DAN PERKOTAAN

 Kasi Tata Pemerintahan dan Perkotaan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan umum, pembinaan pemerintahan desa/kelurahan, administrasi kependudukan, urusan pertanahan, pembinaaan politik dalam negeri, pembinaan dan pemberdayaan perkotaan .

Dalam penyelenggaraan tugasnya, Kasi Tata Pemerintahan dan Perkotaan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum dan desa/kelurahan;
  2. Pelaksanaan dan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintahan desa/kelurahan;
  3. Pemberian bimbingan, supervisi, fasilitasi, dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa/kelurahan;
  4. Pembinaan dan pengawasan terhadap kepala dan perangkat di desa/lurah
  5. Evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan di tingkat kecamatan dan melaporkan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan di tingkat kecamatan kepada Bupati
  6. Penyusunan program dan pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil
  7. Penyusunan program dan pembinaan kegiatan sosial politik, ideolog negara dan kesatuan bangsa.
  8. Pembinaan urusan pertanahan
  9. Koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan
  10. Koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan
  11. Melaksanakan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatandan melaporkan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan kepada bupati
  12. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai tugas dan fungsinya.

 

KASI KETENTRAMAN, KETERTIBAN DAN PANTAI.

Kasi ketentraman, ketertiban dan pengamanan pantai adalah unsur pelaksanaan pemerintah kecamatan di bidang pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah dan pengamanan pantai.

Dalam penyelenggaraan tugasnya, Kasi ketentraman, ketertiban dan pengamanan pantai mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program pembinaan dan ketertiban umum;
  2. Penyelenggaraan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum;
  3. Pelaksanaan dan penyelenggaraan pembinaan Polisi Pamong Praja;
  4. Koordinasi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan atau tentara Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketentraman umum di wilayah kecamatan;
  5. Koordinasi dengan pemuka agama yang berada di wilayah kecamatan dan melaporkan pelaksanaan dan pembinaan ketentraman dan ketertiban kepada bupati;
  6. Koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang – undangan;
  7. Koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinnya di bidang penegakan peraturan perundng – undangan dan atau Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  8. Pelaporan pelaksanaan penerapan dan penegakkan peraturan perundang – undangan diwilayah kecamatan kepada bupati;
  9. Penyusunan program dan pembinaan kegiatan pengamanan pantai;
  10. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai tugas dan fungsinya.

 

 KASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA / KELURAHAN DAN PEREKONOMIAN

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan dan Perekonomian adalah unsur pelaksanaan pemerintah kecamatan di bidang pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan dan perekonomian

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan dan Perekonomian mempunyai tugas melaksanakan pembinaan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan dan perekonomian, produksi dan distribusi.

Dalam penyelenggaraan tugasnya, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan dan Perekonomian mempunyai fungsi :

  1. Menyusun program dan pembinaan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan;
  2. Penyusunan program dan pembinaan perekonomian masyarakat, produksi dan distribusi;
  3. Koordinasi penyelenggaraan perekonomiaan di wilayahnya;
  4. Peningkatan partisipasi ,asyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di desa / kelurahan dan kecamatan;
  5. Pembinaan dan Pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah maupu swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja kecamatan;
  6. Pelaksanaan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta;
  7. Pelaksanaan tugas – tugas lain di bidang pemberdayaan masyarakaat sesuai dengan peraturan perundang – undangan;
  8. Pelaporan pelaksanaan tugas pemberdayaan masyarakat si wilayah kerja kecamatan kepada bupati dengan tembusan kepada satuan kerja perangkat daerah yang membidangi urusan pemberdayaan masyarakat;
  9. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan Camat sesuai tugas dan fungsinya.

 

KASI SOSIAL DAN LINGKUNGAN HIDUP

 Kasi Sosial dan Lingkungan Hidup adalah unsur pelaksana pemerintah kecamatan di bidang pembinaan sosial dan lingkungan hidup.

Kasi Sosial dan Lingkungan Hidup mempunyai tugas melaksanakan pembinaan kesejahteraan sosial masyarakat, fasilitasi bantuan sosial dan pembinaan kelestarian lingkungan hidup.

Dalam penyelenggaraan tugasnya, Kasi Sosial dan LH mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program pembinaan pelayanan dan bantuan sosial, pembinaan kepemudaan, peranan wanita dan olaharaga;
  2. Penyusunan program, pembinaaan kehidupan keamanan, pendidikan, kebudayaan dan kesehatan masyarakat;
  3. Penyusunan program, pembinaan lingkungan hidup;
  4. Koordinasi pelestarian lingkungan hidup di wilayahnnya;
  5. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai tugas dan fungsinya.

 

KASI PELAYANAN UMUM

 Kasi Pelayanan Umum adalah unsur pelaksanaan pemerintah kecamatan di bidang pelayanan umum.

Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas memberikan layanan kepada masyarakat di bidang perizinan, administrasi dan lain – lain pelayanan pelanggan sesuai kewenangannya.

Dalam penyelenggaraan tugasnya, Kasi pelayanan umum mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan sarana dan prasarana pelayanan;
  2. Perencanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan;
  3. Pelaksanaan percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayahnnya
  4. Pembinaan dan poengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan;
  5. Evaluasi terhadap pelaksanaan kepada masyarakat di wilayah kecamatan dan melaporkan pelaksanaan kegiatn pelayanan kepada masyarakat di wilayah kecamatan kepada Bupati;
  6. Penyelenggaraan pelayanan umum;
  7. Pengelolaan andinistrasi pelayanan;
  8. Pemasangan standar pelayanan;
  9. Pelaksanaan tugas – tugas lain yangt diberikan oleh oleh Camat sesuai tugas dan fungsinya.